Sabtu, 21 Januari 2023

Best Practice Materi Aktifitas senam Irama

BEST PRACTICE

 

Di Susun Oleh :

AHMAD IMANUL ADZQIA, S.Pd

NIM : 22621299464

 

PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN

KATEGORI I GELOMBANG 2

KELAS 002 PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN KELOMPOK B1

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

TAHUN 2022

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta didik Dalam Pembelajaran.

 

Lokasi 

SMKN 2 PANDEGLANG

Lingkup Pendidikan 

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Tujuan yang ingin dicapai

Maningkatkan motivasi belajar peserta didik putra pada materi senam irama dengan menggunakan Pendekatan ITC-TPACK. (music Tiktok yang disenangi)

Penulis 

AHMAD IMANUL ADZQIA

Tanggal 

20 Januari 2023

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. 

Kondisi yang melatar belakangi masalah

·         Latar belakang permasalahan ini adalah peserta didik putra tidak dapat memaksimalkan kemampuan dalam aktivitas senam ritmik.

Manfaat Pelaksanaan Best Practice

·         Praktik pembelajaran ini penting menurut saya untuk dibagikan karena saya kira banyak guru yang mengalami permasalahan yang sama, sehingga praktik ini dapat memotivasi diri saya sendiri juga dapat menjadi inspirasi atau referensi bagi rekan guru lain.

Peran dan Tanggungjawab

·         Saya yang berperan sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan pembelajaran ini secara efektif dengan menggunakan media dan model pembelajaran yang inovatif sehingga tujuan dan hasil pembelajaran dapat dicapai sesuai yang diharapkan.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Dari hasil kajian literatur dan wawancara penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu peserta didik putra tidak dapat memaksimalkan kemampuan dalam aktivitas senam ritmik antara lain : 

1.    Kurang motivasi

2.    Kurang percaya diri

3.    Harus ada dukungan dalam situasi tertentu

Dari penyebab diatas tantangan yang dihadapi guru adalah:

  1. Guru harus bisa menumbuhkan motivasi peserta didik melalui proses pembelajaran yang menyenangkan
  2. Membagi jumlah yang sama antara peserta didik laki-laki dan perempuan
  3. Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik

Dilihat dari ketiga tantangan tersebut bisa disimpulakan tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari sisi kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik dan profesional sedangkan dari Peserta didik adalah motivasi belajar.

Yang terlibat dalam tantangan ini adalah guru, kepala sekolah, Peserta didik mencari informasi dari  pakar Seperti Ketua MGMP rekan guru dan teman sejawat.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan aksi / PPL 2 materi Aktiftas Senam berirama yaitu

·         Menentukan solusi yang paling tepat dari permasalahan yang akan diselesaikan. Langkahnya yaitu :

a.     Mulai dari mengidentifikasi masalah dari berbagai jenis masalah diidentifikasi lalu di analisis identifikasi masalahnya.

b.    Menentukan akar penyebab masalah berdasarkan kajian litelatur dan hasil wawancara dengan pakar/kepala sekolah/ rekan sejawat

c.     Menetukan masalah yang akan diselesaikan.

d.    Setelah menemukan akar penyebab masalahnya selanjutnya dilakukan analisis alternatif solusi melalui kajian litelatur, wawancara pakar/ kepala sekolah/rekan sejawat.

e.     Menemukan solusi yang paling tepat untuk permasalahan yang dipilih

Strategi yang dilakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain   :

1.    Pembagian kelompok

  1. Kelompok dibagi dengan jumlah yang sama antara Peserta didik laki-laki dan perempuan kemudian dalam setiap Peserta didik dalam kelompok mempunyai peran dan tanggungjawab misalkan merangkai dua gerakan pendahuluan. Sementara Peserta didik yang lain gerakan inti dan penutup atau pendinginan.
  2. Peserta didik diberikan kebebasan dalam merangkai koordinasi gerakan lengan dan kaki tapi tidak keluar dari hakikat dan manfaat serta tujuan dari tiap gerakan kemudian musik yang dipilih disesuaikan dari kesukaan pada aplikasi tiktok dengan durasi 1-3 menit.
  3. Sumber dalam merangkai gerakan ialah youtube, buku dan sumber lain yang relevan

2.    Pemilihan model pembelajaran

a.    Strategi dalam memilih model pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik materi dan karakter peserta didik. Disini guru memakai model pembelajaran PJBL

b.    Proses pemilihan model ini pertama guru mempelajari apa saja model-model pembelajaran, kedua melihat karakteristik Peserta didik dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan Peserta didik. ketiga melihat karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran yang ada dibuku guru dan buku Peserta didik

c.    Sumber daya yang diperlukan dalam memilih model ini adalah pemahaman atau kompetensi guru akan model pembelajaran PJBL

3.    Meningkatkan minat dan motivasi Peserta didik dengan Pembelajaran Inovatif, kreatif dan menarik dengan terpusat kepada peserta didik.

a.    Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi Peserta didik dengan merancang pembelajaran yang berpusat pada Peserta didik disini guru mengembangkan RPP yang berpusat pada Peserta didik.

b.    Proses pengembangan RPP yang berpusat pada Peserta didik yaitu dengan guru menentukan kegiatan kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam pembelajaran sehingga membuat Peserta didik aktif dalam proses pembelajaran .

c.    Rancangan kegiatan dalam proses pembelajaran dengan guru mengembangkan pendekatan ICT-TPACK pemanfaatan gawai aplikasi music dan video pada Aplikasi tiktok.

d.    Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan model pembelajaran ini antara lain pemahaman atau kompetensi guru akan pembuatan RPP dan juga kreatifitas dalam merancang kegiatan-kegiatan yang membuat Peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran.

Proses penerapan pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menarik yaitu :

·         Materi Aktifitas senam Irama diawali dengan pemahaman dan kemampuan guru dalam menguasai materi dilanjutkan dengan menyiapkan desain perangkat pembelajaran baik itu RPP, bahan belajar, media, LKPD dan penilaian. Menyiapkan pembelajaran Projek berbasis masalah (PJBL) sesuai dengan sintaknya yaitu.

1.    Fase 1 Penentuan pertanyaan mendasar (Guru mengemukakan pertanyaan esensial yang bersifat eksplorasi pengetahuan yang telah dimiliki Peserta didik berdasarkan pengalaman belajarnya yang bermuara pada penugasan Peserta didik dalam melakukan suatu aktivitas. (critical thinking and problem solving)

2.    Fase 2 Mendesain perencanaan proyek (design a plane for the project) Guru dan siswa membicarakan aturan main untuk disepakati     dalam proses penyelesaian proyek. Hal-hal yang disepakati:  pemilihan aktivitas, waktu maksimal yang direncanakan, sansi yang dijatuhkan pada pelanggaran aturan main, tempat pelaksanaan proyek, hal-hal yang dilaporkan, serta  alat dan bahan yang dapat diakses untuk membantu penyelesaian proyek.

3.    Fase 3 Menyusun Jadwal (Create a schedule) Guru memfasilitasi siswa untuk membuat jadwal aktifitas yang mengacu pada waktu maksimal yang disepakati.

4.    Fase 4 Monitoring Peserta didik dan kemajuan proyek  .Guru memonitoring terhadap motivasi siswa selama menyelesaikan proyek dengan cara melakukan skaffolding jika terdapat siswa membuat langkah yang tidak tepat dalam penyelesaian proyek.

5.    Fase 5 Menguji Hasil (Asses the outcome) Peserta didik diminta menampilkan kreasi senam irama dengan aplikasi music dari tiktok (gerakan Langkah kaki, ayunan Lengan, variasi dan kombinasi gerakan kaki dan ayunan lengan).

6.    Fase-6 . Mengevaluasi Pengalaman. . Peserta didik  melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek yang sudah dijalankan. Hal-hal yang direfleksi adalah kesulitan-kesulitan yang dialami dan cara mengatasinya dan perasaan yang dirasakan pada saat menemukan solusi dari masalah yang dihadapi. Selanjutnya Peserta didik lain diminta menanggapi.

Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini.

Daya dukung yang diperlukan dalam keberhasilan malaksanakan setrategi ini yaitu

a.    Kreatifitas Guru dalam merancang kegiatan-kegiatan yang membuat Peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran.

b.    Media Pembelajaran lebih disukai siswa sehari hari seperti aplikasi tiktok sehingga harus ada daya dukung fasilitas jaringan internet yang memadai.

c.    Materi dan bahan ajar yang relevan.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut 

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dapat dilihat dari:

1.   Penggunaan media berbasis ICT-TPACK ini sangat membantu pemahaman Peserta didik akan konsep yang abstrak tentang materi senam irama dibuktikan dengan hasil evaluasi belajar Peserta didik diatas KKM

2. Pemilihan model pembelajaran dan juga kegiatan yang berpusat pada Peserta didik sangat meningkatkan keaktifan Peserta didik saat proses pembelajaran sehingga termotivasi untuk belajar.

Apakah hasilnya Efektif ?

Dirasa sangat efektif dan menyenangkan hal tersebut dapat dilihat dari peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran sangat aktif dan bahagia, bekerja sama saat diskusi, ketika akhir pembelajaran peserta didik dapat menyimpulkan hasil pembelajaran secara komunikatif, serta menyampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami dan jelas.

Respon peserta didik terhadap pembelajaran senam irama dengan ICT-TPACK dengan media music tiktok

Respon belajar Peserta didik terhadap pembelajaran ini sangat senang dalam mengikuti proses pembelajarannya. Bisa dilihat saat refleksi akhir pembelajaran Peserta didik memberikan refleksi.

Faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan:

Kemampuan dan keterampilan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran yang inovatif dan keratif berpusat pada peserta didik dengan memanfaaatkan penggunaan ITC-TPACK dengan aplikasi tiktok dan youtube sebagai sarana utuk merangsang minat belajar peserta didik.

Pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Guru diharapkan dapat selalu berinovatif, meningkatkan kreatifitasnya dalam memodifikasi media pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik guna menunjang keberhasilan sesuai dengan tuntutan pembelajan  era 4.0 pada abad 21 saat ini.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar